1. Apa yang dimaksud pemasaran ?
Pemasaran (bahasa Inggris: marketing) adalah proses penyusunan
komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barangatau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan
kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan
pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.
Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya.
Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia
tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya
yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka
manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam
dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan
kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai
dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang
(place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang
pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki
pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat
tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen
yang dituju.
2. Mengapa pemasara sering di sebut
juga sebagai permintaan ? ( jelaskan min 50 kata )
Pemasaran
sering disebut sebagai permintaan Karena manajemen pemasaran berupaya
mempengaruhi tingkat dan karakter permintaan dengan cara yang akan membantu
pencapaian tujuan organisasi. Karena itu manajemen pemasaran sering disebut
juga sebagai manajemen permintaan.
Menurut
Fuad, dkk (2008 : 124) ada delapan permintaan yang berbeda-beda. Pada tiap
keadaan, ada tugas tertentu yang harus dilakukan manajemen pemasaran. Kedelapan
permintaan tersebut, yaitu :
1. Permintaan negatif
(negative demand)
2. Tidak ada permintaan (no
demand)
3. Permintaan terpendam
(latent demand)
4. Permintaan yang menurun
(falling demand)
5. Permintaan yang tidak
teratur (irregular demand)
6. Permintaan penuh (full
demand)
7. Permintaan yang
berlebihan (overfull demand)
8. Permintaan yang tidak
sehat (unwholesome demand).”
3. Jelaskan apa perbedaan kebutuhan
dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran ?
(sebutkan contohnya masing-masing 2 )
a)
Kebutuhan adalah fungsi dasar atas sesuatu yang secara esensial diperlukan.
Contoh :
1. Kebutuhan
manusia untuk makan agar dapat memenuhi nutrisi
2. Kebutuhan
manusia untuk berpakaian
b) Keinginan adalah semua fungsi tambahan yang jika tidak ada sebenarnya tidak mengganggu hidup anda akan tetapi anda mengharapkan untuk bisa mendapatkan fungsi tambahan tersebut. Contoh :
1. Keinginan manusia
untuk membeli gadget mahal
2. Keinginan manusia
untuk membeli perhiasan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar